Selasa, 01 November 2016

AMD Zen dan Intel Kaby Lake Akan Buat Ledakan Pembeli PC

Awal tahun 2017 mendatang, AMD dan Intel akan menghadirkan keluarga prosesor terbaru mereka, masing-masing dengan arsitektur Zen dan Kaby Lake. Saat ini, performa yang ditawarkan oleh kedua keluarga prosesor baru itu masih belum diketahui secara pasti. Namun, vendor komponen sudah memprediksi keduanya akan membuat pasar PC kembali bergairah.


Daya Tarik Zen dan Kaby LakeAMD Zen dan Intel Kaby Lake pastinya akan membawa daya tarik tersendiri dan masing-masing telah menarik banyak perhatian pengguna PC desktop dalam beberapa bulan terakhir ini. Zen merupakan arsitektur AMD yang benar-benar baru dan bisa jadi menghadirkan opsi yang menarik bagi calon pembeli PC, terutama bila AMD bisa mempertahankan harga kompetitif seperti yang mereka tawarkan selama ini. Sementara Kaby Lake akan mengakhiri penantian lebih dari satu tahun akan prosesor baru Intel untuk kelas mainstream dan high end.

Tidak hanya PC desktop, laptop disebut juga akan mendapatkan dorongan penjualan dari hadirnya prosesor dengan arsitektur baru, dalam hal ini Intel Kaby Lake. Beberapa laptop dengan prosesor Kaby Lake sudah diumumkan produsen dalam dua bulan terakhir ini, dan rata-rata akan mulai dipasarkan akhir tahun 2016 atau awal tahun 2017. Sayangnya, untuk AMD Zen, AMD tampaknya lebih fokus ke desktop, baru kemudian beralih ke mobile di pertengahan tahun 2017.

Bisa Picu Kelangkaan Komponen PC?
Satu hal yang tampaknya perlu diantisipasi produsen komponen untuk PC adalah potensi munculnya kelangkaan komponen di pasar akibat ledakan pembeli PC di akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017. Selama beberapa bulan terakhir ini, produsen komponen dasar, terutama untuk chip memori, lebih fokus memproduksi chip untuk smartphone karena pasarnya dianggap lebih stabil. Bila antisipasi terkait potensi ledakan pembeli PC tidak ditangani dengan baik, bisa saja penjualan PC akan terganggu kelangkaan komponen di saat yang tidak tepat.

sumber : http://www.jagatreview.com/2016/10/amd-zen-dan-intel-kaby-lake-akan-buat-ledakan-pembeli-pc/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar